Fakultas Dakwah


Selamat Datang Di Fakultas Dakwah Universitas Islam Bandung
Program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Tuesday, 06 October 2009 09:22

Program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam  merupakan kelanjutan dari jurusan dakwah. Berhubung jurusan dakwah berubah struktur menjadi fakultas, maka posisinya diganti oleh program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam yang terjadi pada tahun 1994 berdasarkan SK Menteri Agama RI Nomor 484. Pada tahun 1996 terjadi perubahan dari Jurusan Dakwah menjadi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Pada tanggal 22 Desember 1998 Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam terakreditasi berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor: 022/BAN-PT/Ak-II/XII/1998 dengan Peringkat "B". Pada Tahun 2004 Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam malakukan Reakreditasi ke BAN PT dan memperoleh Peringkat "B" berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor: 012/BAN-PT/Ak-VII/S1/IV/2004 tanggal 16 April 2004.  

 

Program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam pada mulanya berafiliasi pada fakultas Ushuluddin. Hal ini disebabkan karena format awal fakultas yang menyandingkan jurusan Dakwah dengan jurusan Perbandingan Agama. Setelah terjadi pemisahan payung lembaga terhadap jurusan, sesuai dengan KMA 53, maka dilakukan usaha-usaha penyesuaian.Secara dejure, legal formal, pada tanggal 30 Mei 2005, melalui SK Rektor Universitas Islam Bandung Nomor: 045/D.05/Rek/V/2005, Fakultas Ushuluddin diubah menjadi Fakultas Dakwah. Sebab, secara faktual yang tetap eksis dan survive adalah program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Pada tanggal  11 Februari 2010, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah  mendapatkan Akreditasi "B" dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) dengan Surat Keputusan BAN PT nomor: 046/BAN-PT/Ak-XII/S1/2010.

Visi Program Studi  :

Menciptakan Prodi yang terkemuka di bidang Komunikasi dan Penyiaran Islam serta melahirkan sarjana yang memiliki kemampuan keilmuan komunikasi Penyiaran Islam, kepribadian, keterampilan dan penelitian.

Misi Program Studi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan untuk melahirkan sarjana Komunikasi dan Penyiaran Islam yang profesional, kredibel, dan berakhlak mulia.
  2. Mengembangkan penelitian di bidang Komunikasi dan Penyiaran Islam.
  3. Memperluas partisipasi Pengabdian Kepada masyarakat dalam rangka dakwah.
  4. Meningkatkan  jaringan kerjasama dengan berbagai pihak yang terkait  dengan optimalisasi pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Tujuan Program Studi :

  1. Mengembangkan ilmu Komunikasi dan Penyiaran Islam yang menjawab kebutuhan umat.
  2. Membina pribadi yang memiliki kualifikasi Sarjana Komunikasi dan Penyiaran Islam yang amanah, profesional dan produktif.
  3. Melahirkan sarjana yang memiliki keterampilan di bidang pers, penyiaran dan retorika.
  4. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak terkait dalam rangka out sourcing.
Last Updated ( Tuesday, 04 May 2010 07:01 )
 
You are here  : Home Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam

Visi

Design templatemenjadi lembaga pendidikan pelopor pembaharuan dan pemikiran di bidang keislaman dilandasi akhlak mulia,baik untuk pribadi dan lingkungan sekitar.

Misi

Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat untuk lingkup ke-ushuluddinan.

Sasaran

 Joomlart Forum Kapital Intelektual(Intellectual Capital) yaitu perangkat yang diperlukan untuk menemukan peluang dan mengelola ancaman dalam kehidupan.