Komunikasi dan Penyiaran Islam

VISI

Menjadi Prodi yang Unggul, Maju, dan Terkemuka dalam Bidang akwah dan Komunikasi di Asia Tahun 2033

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan untuk melahirkan Sarjana Penyiaran Islam yang profesional, kredibel, dan berakhlak mulia.
  2. Mengembangkan penelitian di bidang Komunikasi Penyiaran Islam.
  3. Memperluas partisipasi pengabdian kepada masyarakat dalam rangka dakwah.
  4. Meningkatkan jaringan kerjasama dengan berbagai pihak yang terkait untuk optimalisasi pengamalan Tridharma Perguruan Tinggi.

TUJUAN

  1. Menghasilkan Sarjana Komunikasi dan Penyiaran Islam yang profesional, kredibel, dan berakhlak mulia.
  2. Menghasilkan sarjana yang memiliki komitmen terhadap kemajuan dan perkembangan Islam.
  3. Menghasilkan sarjana yang memiliki kemampuan meneliti dan dapat memangku jabatan yang memerlukan pendidikan tinggi di bidang dakwah.

SASARAN & STRATEGI PENCAPAIAN

  1. Terselenggaranya proses perkuliahan, tercapainya target kurikulum, dan hasil studi yang sangat memuaskan.
  2. Meningkatkan kreativitas dosen dalam pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
  3. Melahirkan Sarjana Dakwah yang mandiri, kompetitif, serta unggul dalam Komunikasi Penyiaran Islam.

KOMPETENSI & PROSPEK LULUSAN

  1. Praktisi di bidang dakwah dan komunikasi
  2. Praktisi di bidang multimedia
  3. Praktisi di bidang media komunikasi massa
  4. Praktisi di bidang radio, TV, dan film
  5. Pengelola berbagai lembaga dakwah
  6. Wartawan media massa Islami
  7. Juru dakwah/mubaligh

Komunikasi Penyiaran Islam dengan Konsentrasi Mata Kuliah:

  1. Ulumul Qur’an
  2. Ulumul Hadits
  3. Tafsir
  4. Hadits
  5. Tasawwuf
  6. Ilmu Dakwah
  7. Filsafat Dakwah
  8. Ilmu Komunikasi
  9. Jurnalistik
  10. Komunikasi Grafis dan Multimedia
  11. Tauhid/Ilmu Kalam
  12. Bahasa Arab
  13. Bahasa Inggris

Fokus Keahlian

  1. Retorika
  2. Psikologi Komunikasi Dakwah
  3. Sosiologi Dakwah
  4. Manajemen Lembaga Dakwah
  5. Komunikasi Antar Personal
  6. Statistik Sosial
  7. Multimedia
  8. Teknik Produksi Radio
  9. Teknik Produksi TV
  10. Komunikasi Pemasaran Lembaga dan Produk-Produk Syar’i
  11. Negosiasi
  12. Fotografi dan Videografi

FASILITAS PENDUKUNG

  1. Ruang kuliah ber-AC
  2. Ruangan dan perpustakaan
  3. Laboratorium Multimedia
  4. Laboratorium Retorika dan Audio Visual
  5. Laboratorium Audio Recording
  6. Beasiswa
  7. Lingkungan kampus yang humanis dan kreatif